Jumat, 25 Januari 2013

20 soal jawaban MSDM


NAMA : SALAM
NPM    :19211115
KELAS : 2EA27

1. Mengapa MSDM semakin penting padahal alat alat canggih semakin banyak?    
2. Mengapa istilah MSDM lebih populer daripada manajemen personalia?
3.Mengapa waskat sangat berperan dalam mewujudkan tujuan?
4. Berikan beberapa alasan kenapa karyawan didalam kota besar,alat alat motivasinya lebih banyak dari kota kecil?
5. Apa saja persamaan dan perbedaan pemberian motivasi dan insentif ?
6. Apa persamaan dan perbedaan pemberian insentif benefit ?
7. Dimana letak perbedaan pemberian motivasi dengan benefit ?
8. Apa sasaran pemberian insentif bagi karyawan?
9. Jelaskan perbedaan antara MSDM dengan manajemen personalia ?
10. Mengapa pengadaan (procurement)adalah hal yang penting dan sulit ?
11. Mengapa masalah pengadaan dapat dikatakan merupakan cermin utama keberhasilan MSDM berikan contoh nya?
12.Bagaimana proses pengadaan karyawan yang baik ?
13.Apa saja pokok pokok bahasan utama dalam pengadaan karyawan?
14.Jelaskan mengapa seleksi penerimaan pegawai baru sangat penting ?
15.Mengapa test psikologi penting dalam seleksi penerimaan karyawan ?
16.Apakah pedoman yang dilakukan dalam pelaksanaan seleksi ?
17.Jelaskan korelasi seleksi dan penempatan karyawan ?
18.Apa saja manfaat dilakukannya orientasi pegawai baru ?
19.Jelaskan pengertian induksi untuk karyawan baru ?
20.Bagaimana pengaruh job specification terhadap jumlah lamaran yang diterima suatu perusahaan?





Jawab
1.      Karena  MSDM dapat dtitingkatkan kualitas kerjanya melalui pendidikan dan pelatihan kerja dan lebih fleksibel sedangkan dengan mesin-mesin canggih yang seiring dengan perubahan teknologi yang semakin cepat, mesin-mesin canggih itupun menjadi cepat ketinggalan zaman dan tidak bisa ditingkatkan kualitas kerjanya.
2.      Terdapat 3 hal penting yang mebedakan manajemen SDM dengan manajemen personalia: manajemen SDM diterapkan terhadap para manajer dan karyawan ; manajemen SDM memperhatikan masalah pengelolaan manusia dan sumber daya lainnya di dalam organisasi; manajemen SDM menekankan pengelolaan kultur organisasi sebagai pusat aktivitas manajemen senior.
3.   Waskat (pengawasan melekat) adalah tindakan nyata yang paling efektif dalam mewujudkan kedisiplinan karyawan perusahaan. Dengan waskat berarti atasan harus aktif dan langsung mengawasi perilaku, moral, sikap, gairah kerja, dan prestasi kerja bawahannya.
4.      Karena karyawan dikota besar persaingan kerja dari lingkungan perusahaan tersebut semakin banyak sehingga butuh motivasi lebih untuk bekerja.
Sedangkan dikota kecil persaingan kerja dari perusahaan tersebut tidak sebesar seperti dikota besar.
5.      Motivasi adalah suatu dorongan jiwa yang membuat seseorang tergerak untuk melakukan tindakan yang produktif.Insentif adalah suatu bentuk motivasi yang dinyatakan dalam bentuk uang atas dasar kinerja yang tinggi.
6.      Insentif adalah suatu bentuk motivasi yang dinyatakan dalam bentuk uang atas dasar kinerja yang tinggi.Benefit adalah tunjangan yang bukan berupa uang melainkan seperti asuransi jiwa, kesehatan, liburan yang ditanggung perusahaan, program pensiun dan tunjangan lainnya.
7.      Pemberian motivasi hanya berupa gagasan dan dorongan sedangkan benefit berupa wujud nyata.
8.      Tujuan pemberian insentif pada hakekatnya untuk meningkatkan kegairahan kerja karyawan dalam berupaya mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan menawarkan perangsang finansial dan melebihi upah dari gaji dasar.
9.      Persamaannya : Keduanya merupakan ilmu yang mengatur unsur manusia dalam suatu organisasi, agar mendukung terwujudnya tujuan.
Perbedaannya : MSDM dikaji secara makro, sedangkan managemen personalia dikaji secara mikro,  MSDM menganggap manusia adalah kekayaan (Asset) jadi harus dipelihara dengan baik, sedangkan manajemen persoalia menganggap bahwa karyawan adalah faktor produksi jadi harus dimanfaatkan secara produktiv. MSDM pendekatannya secara moderen sedangkan manajemen personalia secara klasik.
10.  Karena karyawan adalah aset utama perusahaan yang menjadi perencana dan pelaku aktif dari setiap aktifitas organisasi. Mereka mempunyai pikiran, perasaan, keinginan, status, dan latar belakang pendidikan, usia dan jenis kelamin yang heterogen yang dibawa ke dalam organisasi perusahaan. Karyawan bukan mesin, uang, dan material yang sifatnya pasif dan dapat dikuasai serta diatur sepenuhnya oleh perusahaan.
Maka pengadaan karyawan sangat sulit dan rumit diakibatkan oleh keinginan perusahaan untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas dan berkompeten serta penempatan karyawan yang sesuai dengan keahliannya. Agar gairah kerja dan kedisiplinannya akan lebih baik serta efektif menunjang terwujudnya tujuan perusahaan.
11.  Karena pengadaan  adalah fungsi operasional pertama MSDM. Merupakan masalah penting, sulit dan kompleks karena untuk mendapatkan dan menempatkan orang-orang yang kompeten, serasi serta efektif tidaklah mudah.
12.  Peramalan Kebutuhan Tenaga Kerja
Peramalan kebutuhan tenaga kerja dimaksudkan agar jumlah kebutuhan tenaga kerja masa kini dan masa depan sesuai dengan beban pekerjaan, peramalan kebutuhan tenaga kerja didasarkan kepada informasi faktor internal dan eksternal perusahaan.
Faktor Internal dan Eksternal Perusahaan adalah sebagai berikut:
a. Jumlah produksi.
b. Ramalan-ramalan usaha
c. Perluasan perusahaan
d. Perkembangan teknologi
e. Tingkat permintaan dan penawaran tenaga kerja / pasaran tenaga kerja
f. Perencanaan karier pegawai
13. adalah proses dimana penarikan, seleksi dan penempatan, orientasi dan induksi untuk mendapatkan karyawan yang yang efektif dan efisien membantu tercapainya suatu tujuan perusahaan.
14. Seleksi setiap penerimaan karyawan dilakukan secara cermat, jujur, dan obyektif supaya diperoleh karyawan yang qualified dan penempatannya yang tepat sehingga pembinaan, pengembangan, pengendalian, dan pengaturan karyawan relatif mudah dalam mencapai sasaran yang diinginkan.
15. Tes psikologi berfungsi sebagai seleksi jika digunakan untuk memilih individu-individu yang cocok/sesuai dengan kualifikasi yang diharapkan.
16. Spesifikasi pekerjaan merupakan pedoman dan dasar yang dilakukan dalam proses pelaksaan seleksi untuk mendapatkan pegawai baru.
17. seleksi merupakan suatu proses penyaringan pegawai,sedangkan penempatan merupakan suatu tindakan,penempatan karyawan atau penggunaan serta penunjukan karyawan yang sudah diterima didalam suatu pekerjaan yang telah ditetapkan sesuai dengan rencana sebelumnya
18.             Memperkenalkan karyawan baru dengan perusahaan sebagai organisasi yaitu tujuan perusahaan, struktur perusahaan dan para pemimpinnya.
      Menanamkan dalam diri karyawan baru kesadaran turut berperan dan terlibat dalam perusahaan yang jauh lebih besar dari pada kelompok kerjanya sendiri.
19. Proses memperkenalkan karyawan baru dengan ruang lingkup kerjanya yang akan ia tempati. Dengan tujuan agar pegawai tersebut mampu menyesuaikan diri dengan ruang lingkup kerjanya yang baru.
20. Job Specification adalah rincian mengenai aspek logistik kerja suatu organisasi, yang mencakup beberapa aspek,untuk menjadi bahan pertimbangan dalam penyeleksian pegawai.

1 komentar:

  1. KUNJUNGI PENGADAAN TENAGA KERJA
    http://indonugraha.blogspot.co.id/2016/02/pengadaan-tenaga-kerja.html

    BalasHapus